Selasa, 24 September 2019

Kasat Binmas Polres Tebo Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di Lapas Tebo

Selasa, 24 September 2019 tampak beberapa orang anggota dari Kasat Binmas  Kepolisian Resort Tebo menyambangi Lapas Tebo. Adapun kedatangan bapak-bapak anggota Kasat Binmas ini dalam rangka menyampaikan materi wawasan kebangsaaan kepada petugas dan warga binaan di Lapas Tebo. 


Acara berlangsung di aula Lapas Kelas IIB Muara Tebo dibuka  dengan sambutan dari Kalapas yang dalam hal ini diwakili oleh Kasibinadik yaitu Saripuddin. Dalam sambutannya, Saripuddin menyampaikan ucapan terimakasih atas inisiatif dari Polres Tebo untuk memberikan materi wawasan kebangsaaan bagi petugas dan warga binaan pemasyarakatan. Semoga dengan adanya acara ini dapat memupuk rasa cinta tanah air. 


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kasat Binmas Polres Tebo yaitu Iptu Agung Purwanto. Dalam sambutannya Iptu Agung menyampaikan bahwa materi wawasan kebangsaan ini sangat penting diketahui oleh petugas pemasyarakatan dan juga warga binaannya. 

Dengan memupuk rasa nasionalisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari, maka keamanan dan ketertiban akan tercipta dengan sendirinya. 



Selanjut materi wawasan kebangsaan disampaikan juga oleh Briptu Aldi yang menyampaikan tentang empat pilar kebangsaaan. Adapun empat pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. 

Beliau juga membahas tentang beragamnya agama dan kebudayaan di Indonesia. Mengambil satu contoh agama Islam, namun pada penerapannya agama Islam terbagi lagi dalam beberapa pemahaman seperti NU dan Muhammaddiyah. Belum lagi agama-agama lain yang juga diakui di Indonesia.

Namun hendaknya perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang, justru menjadi pemersatu dengan cara saling menghargai dan menjunjung tinggi toleransi. 

Acara yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut kemudian ditutup dengan pembacaan do'a dan berfoto bersama. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar