Kamis, 11 April 2019

Jangan Bingung Berkunjung Ke Lapas Tebo, Prosedur Mudah Pelayanan Ramah.


Mungkin sebagian masyarakat akan mengira bahwa berkunjung ke Lapas untuk membesuk warga binaan itu prosedurnya ruwet dan susah. Padahal tidak seperti itu. Langkah-langkah yang dilakukan cukup mudah serta pelayanan petugaspun ramah. 


Jika Anda baru berkunjung ke Lapas Tebo pertama kali, jangan segan bertanya kepada para petugas yang ada. Kami siap membantu menjelaskan prosedur dan menunjukkan tempat / area kunjungan. 

Berikut aturan dan langkah-langkah yang harus dipersiapkan jika Anda ingin mengunjungi keluarga atau teman di Lapas Kelas IIB Muara Tebo. 



1. Siapkan KTP atau kartu identitas lainnya 
Setiap pengunjung wajib membawa kartu identitas yang asli. Satu rombongan cukup mewakili dengan satu Kartu Identitas untuk membesuk satu orang warga binaan. Jika warga binaan yang dibesuk lebih dari satu, maka kartu identitas yang disiapkan harus lebih dari satu dari orang yang berbeda pula. 

2. Mendaftar di loket pendaftaran
Serahkan Kartu Identitas pada petugas di loket pendaftaran, lalu sebutkan nama lengkap warga binaan yang ingin dibesuk. Kemudian petugas akan menginput data berdasarkan kartu identitas Anda. Serta mendata para pengikut rombongan dan barang elektronik yang dibawa untuk dititipkan. 

3. Menuju Pintu Utama (Portir) 
Jangan heran kalau pintu utamanya tertutup. Memang aturannya jika tidak ada keperluan maka pintu harus selalu ditutup. Tentu berbeda dengan kantor lainnya yang pintunya terbuka disaat jam kerja ya. Anda tinggal mengetuk pintu maka petugas akan mempersilahkan masuk. 

Disini petugas akan melihat kertas cetak bukti pendaftaran yang diberikan di loket pendaftaran sebelumnya. Memeriksa ulang jumlah para pengunjung dan meminta barang elektronik yang tercatat pada kertas pendaftaran. Barang tersebut dititipkan di locker yang ada di portir. 

Kemudian petugas akan memeriksa barang bawaan pengunjung. Bukan berarti pengunjung yang diperiksa itu dicurigai, namun inilah prosedurnya. Siapapun yang masuk harus digeledah baik barang dan badannya. 

Selanjutnya petugas pria akan menggeledah badan pengunjung pria, dan sama halnya dengan pengunjung wanita maka akan digeledah badan oleh petugas wanita di tempat tertutup. Sehingga privasi Anda tetap terjaga dan dihormati. 

4. Melapor ke pos pemanggilan warga binaan dan menunggu di ruang kunjungan
Setelah pemeriksaan barang dan badan selesai, selanjutnya Anda dapat menuju pos pemanggilan warga binaan. Tunjukkan saja kertas pendaftaran tadi. Maka petugas akan memanggil warga binaan melalui mikrofon. Anda dapat menunggu di ruang kunjungan. Setelah warga binaan datang, silahkan Anda bersilahturahmi dengan keluarga/kerabat Anda. 

ada kursi untuk duduk selama menunggu antrian

Itu dia langkah-langkah kunjungan ke Lapas Tebo. Tidak ribet, bukan? Serta tidak dipungut biaya sepeserpun. Jadi jika ada oknum yang meminta uang kepada Anda saat berkunjung, segera laporkan kepada pimpinan. Maka akan kami tindak tegas. 

Meski begitu kami mohon kerja sama yang baik dari pengunjung. Dengan memakai pakaian yang rapi dan sopan saat berkunjung ke lapas. Celana pendek dan baju you can see sebaiknya tidak dipakai. Selain itu harap jaga kebersihan selama makan dan minum di ruang kunjungan. 

Hal yang paling penting lainnya dilarang membawa barang-barang yang bersifat senjata tajam, narkotika, dan makanan berbau tajam. Karena hal tersebut dapat merugikan Anda dan Warga binaan itu sendiri. 

Demikian penjelasan kami terkait prosedur kunjungan ke Lapas Tebo. Silahkan datang pada hari dan jam kerja. Yaitu hari Senin - Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar